Blog programming pemula, membahas dunia it dan teknologi informasi, tips dan trik komputer.

Senin, 12 November 2018

SWITCH DALAM PEMROGRAMAN PHP

Switch merupakan percabangan logika, mirip dengan IF, namun pada Switch  kondisi logika hanya akan diperiksa satu kali, sedangkan pada percabangan IF ELSE setiap kondisi akan selalu diperiksa. Namun di sisi lain Switch  memiliki keterbatasan dalam jenis operasi perbandingan yang dapat dilakukan. Operasi perbandingan pada Switch terbatas untuk hal sederhana seperti memeriksa nilai dari sebuah variabel. Switch tidak dapat digunakan untuk percabangan program yang rumit seperti membandingkan dua variabel. Berikut merupakan penampakan struktur dari Switch.



Penjelasan: Setalah kata kunci switch wajib mencantumkan variabel atau nilai tertetu, yang nantinya akan diperiksa nilainya dalam tanda kurung, lalu melalui block switch dengan kurung kurawal. Tiap kondisi yang mungkin terjadi dicantumkan setelah kata kunci case, lalu diikuti dengan nilai yang akan di bandingkan dengan nilai variabel yang telah di isi sebelumnya, jika kondisi sesuai maka baris program statement akan dijalankan, kata kunci break digunakan untuk keluar dari switch, sehingga PHP tidak akan memeriksa case selanjutnya. Perhatikan penampakan berikut.



Output / keluaran program diatas menghasilkan ‘ini huruf b’, hal ini terjadi karena pada variaebl huruf diberi nilai b maka program akan mengecek case yang mana yang mengandung persamaan yang ada di variabel tersebut.

Selain kata kunci break, PHP menyediakan kata kunci Default untuk struktur percabangan switch, default berfungsi seperti ELSE didalam struktur IF, yakni kondisi jika seluruh case bernilai false atau tidak ada yang benar. Berikut penampakan penggunaan Default pada struktur Switch.



Output dari potongan program di atas yaitu ‘ini huruf d’.

Untuk kebanyakan kasus, lebih banyak menggunakan IF dibandingkan dengan switch.

Rferensi:
#Duniailkom
#W3schools