Blog programming pemula, membahas dunia it dan teknologi informasi, tips dan trik komputer.

Kamis, 22 November 2018

While dan Do While Dalam Pemrograman PHP

perulangan while dan do while php


Apa itu perulangan while?

Perulangan while atau dalam bahasa bulenya loop, yaitu perulangan yang termasuk dalam istilah uncounted loop karena perulangan while sering digunakan untuk mengulang sesuatu yang belum jelas jumlah perulangannya. Akan tetapi perulangan atau loop while dapat digunakan seperti perulangan for sebagai counted loop. Dalam kebanyakan kasus perulangan while sering digunakan untuk menampilkan record data yang ada di database.

Berikut penampakan struktur perulanga / loop while dalam pemrograman PHP.


Kondisi adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan berlangsung, kondisi ini mirip seperti dalam perulangan for. Selama kondisi bernilai true, atau benar maka perulangan akan terus dilakukan.

Blockprogram yang akan diulang yaitu kode program yang akan di ulang atau di loop selama kondisi bernilai true atau bernar.


Berikut penampakan penggunaan perulangan / loop while  dalam pemrograman PHP.



Output dari block program diatas sebagai berikut.










Penjelasan block program diatas, dimana variabel $i diberi nilai 1, dan kondisi dimana variabel $i <= 10 ($i lebih kecil sama dengan 10), dan didalam perulangan terdapat increment yaitu $i++, artinya $i akan bertambah 1 dalam setiap perulangan, dan perulangan akan berhenti jika $i = 10.

Apa itu perulangan Do while?

Perulangan Do While sama seperti perulangan while dan juga tergolong uncounted loop, namun perbedaan Do While dan While yaitu terletak pada alur perulangannya. Perulangan Do While akan melakukan perulangan sebanyak 1 kali kemudian, melakukan pengecekan kondisi. Berikut penampakan struktur perulangan / loop Do While.



Pada penampakan diatas bahwa terlebih dahulu dilakukan perulangan dengan katakunci do,dan setalah itu baru kondisi didalam while dievaluasi.

Berikut penampakan kasus perulangan / loop do while.



Output program diatas:











Penjelasan penampakan block program diatas dimana variabel $r diberi nilai 1, di dalam kata kunci do terdapat increment $r++, setelah berulang satu kali di dalam kata kunci while kondisi akan di evaluasi, begitu seterusnya sampai kondisi bernilai false. Setelah bernilai false perulangan akan berhenti.

Agar pemahaman anda lebih mantap silahkan berkreasi sendiri.