Blog programming pemula, membahas dunia it dan teknologi informasi, tips dan trik komputer.

Senin, 12 November 2018

VARIABEL DALAM PEMROGRAMAN PHP




Dalam dunia pemrograman,variabel yaitu lokasi penyimpanan sementara di dalam memori komputer yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya di ketahui maupun tidak di ketahui. Definisi bebasnya, variabel adalah kode program yang di gunakan untuk menampung nilai tertentu,yang nantinya dapat di pindahkan ke dalam database atau di tampilkan kembali ke pengguna. seperti halnya pemrograman lainnya,variabel dalam PHP digunakan untuk menampung nilai inputan dari user atau nilai yang di defenisikan sendiri, untuk membuat variabel dalam pemrograman PHP ada beberapa aturan tentang cara penggunaan dan penulisan variabel.

Aturan Penulisan Variabel Dalam Pemrograman PHP
Penulisan Variabel PHP wajib diawali dengan simbol dollar ($), setelah tanda $, vairabel PHP harus diikuti dengan karakter pertama berupa huruf atau underscore(_),kemudian karakter kedua dan seterusnya dapat menggunakan huruf, angka atau underscore(_), dengan aturan tersebut variabel dalam pemrograman PHP tidak boleh di awali dnegan angka setelah tanda $, minimal panjang variabel adalah satu karakter setelah tanda $.
  1. Contoh Penulisan variabel yang benar dalam pemrograman PHP.
  2. Contoh Penulisan variabel yang salah dalam pemrograman PHP.
Variabel Dalam PHP Bersifat Case Sensitif
Case Sensitif yaitu perbedaan huruf kecil dan huruf besar, variabel dalam PHP membedakan antara huruf kecil dan huruf besar, sehingga $nama tidak sama dengan $Nama dan $NAMA, ketiga variabel tersebut di anggap berbeda, untuk menghindari kesalahan program disarankan menggunakan huruf kecil di setiap variabel yang anda buat.

dalam contoh kasus di atas ketikan program di jalan kan akan muncul error karena variabel nama tidak terdefenisi, atau tidak ditemukan.

Memberikan Nilai Pada Variabel 
Seperti halnya pada pemrograman lainnya, untuk memberikan nilai pada variabel, PHP menggunakan tanda sama dengan (=), operator sama dengan dikenal dengan istilah Assignment Operators.
Perintah pemberian nilai kepada sebuah variabel disebut dengan assignment. Jika variabel tersebut belum pernah digunakan, dan langsung diberikan nilai awal, maka disebut juga dengan proses inisialisasi.


Variabel dalam PHP Tidak Memerlukan Deklarasi Terlebih Dahulu
Jika anda pernah mempelajari bahasa pemograman desktop seperti Pascal, C, C++, dan Visual Basic, di dalam bahasa pemograman tersebut, sebuah variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan. Namun di dalam PHP, variabel tdak perlu di deklarasikan, anda bebas membuat variabel di tengah tengah kode program, dan dapat di gunakan tanpa mendeklarasikan terlebih dahulu.


Variabel Dalam PHP Tidak Ber Tipe
Dalam kelompok bahasa pemograman, PHP termasuk Loosely Type Language, yaitu jenis bahasa pemograman yang variabelnya tidak terikat pada sebuah tipe tertentu. Berbeda jika dibandingkan dengan bahasa pemograman desktop seperti Pascal atau C, dimana jika anda membuat sebuah variabel bertipe integer, maka variabel itu hanya bisa menampung nilai angka, dan anda tidak akan bisa mengisinya dengan huruf. Variabel dalam PHP bebas disi dengan nilai apa saja Contoh :


Variabel Sistem PHP (Predefined Variables)
Predefined Variables atau terjemahan bebasnya Variabel Sistem PHP, adalah beberapa variabel yang telah didefenisikan secara sistem oleh PHP, dan sebaiknya tidak membuat variabel dengan nama yang sama. Beberapa contoh Predefined Variables dalam PHP yaitu, $GLOBALS , $_SERVER , $_GET , $_POST , $_FILES , $_COOKIE , $_SESSION , $_REQUEST , $_ENV dan dll selengkapnya anda cek di SINI

Cara Menampikan Nilai Variabel 
Untuk menampilkan atau mencetak nilai suatu variabel yaitu dengan menggunakan perintah echo dan print
Contoh :
Referensi
#Duniailkom
#php.net 
#WikipediA