Blog programming pemula, membahas dunia it dan teknologi informasi, tips dan trik komputer.

Senin, 12 November 2018

TIPE DATA DALAM PEMROGRAMAN PHP


Tipe Data adalah sebuah variabel atau kostanta merupakan tempat dari data. Didalam bahasa pemrograman dan juga PHP data yang di input kedalam variabel atau kostanta akan memiliki tipe tertentu. Adapun tipe data didalam pemrograman PHP yaitu :

Integer
Tipe data integer merupakan tipe bilangan bulat, bilangan yang tidak memilki nilai dibelakang koma, misalnya 100,200,1000. Tipe data integer umumnya digunakan data dengan angka bulat misalnya, harga barang , jumlah stock dan jumlah mahasiswa, nilai integer berupa nilai positif(+) maupun negatif(-), jika tidak diberi tanda maka di asumsikan nilai tersebut adalah positif(+). Berikut penampakan sederhana penggunaan bilangan integer dalam PHP:


Float / real
Tipe data ini merupakan tipe data yang memuat bilangan pecahan, atau bilangan yang memiliki nilai dibelakang kome (,) . namun dalam penggunaanya angka koma(,) diganti dengan titik(.) misalnya 23,3 maka aka menjadi 23.3. dalam pemrograman PHP ada 2 cara penulisan tipe data float yaitu penulisan desimal sehari-hari seperti 0.16 atau 7.45 dan juga menggunakan penulisan format yang dikenal dengan istilah scientific notation, seperti 0.314E1, atau 12.0E3. penggunaan scientific notation digunakan untuk menyerdehanakan penulisan nilai desimal misalnya, 0.314E1 sama dengan 0.314 * 10^1 atau 3.14 dan 12.0E-3 sama dengan 12.0 * 10^(-3), atau 0.012. Berkut penampakan sederhana dari bilangan float / real:

String
Tipe data String adalah tipe data yang berisi text, kalimat, atau kumpulan karakter, sebagai contoh ‘aku belajar PHP’,’abc’ atau ‘b3l4j4r PHP’ semua merupakan string, tipe data string adalah tipe data yang sering digunakan, dan memiliki banyak fitur yang disediakan PHP. Karakter yang didukung saat ini yaitu 256 karakter ASCII, PHP menyediiakan 4 cara penulisan data string yakni Single Quoted, Double Quoted, Heredoc dan Nowdoc.
  • Single Quoted yaitu penulisan string menggunakan tanda petik satu (‘) ,misalnya ‘saya belajar PHP’. Berikut Penampakan sederhana dari tipe data string Single Quoted.
  • Double Quoted yaitu penulisan string menggunakan tanda petik  dua (“),misalnya “saya sedang belajar PHP”. Berilkut penampakan sederhana dari tipe data string Double Quoted:
  • Heredoc fitur ini digunakan untuk membuat tipedata string yang dapat berisi beberapa kalimat, herdoc tidak terlalu sering digunakan. Berikut penampakan dari tipe data string menggunakan Herodoc:
  • Nowdoc fitur ini hampir sama dengan Herodoc namun dengan pengacualian, karakter kusus dan variabel tidak dapat diproses, mirip dengan Single Quoted. Berkut penampakan dari  tipedata string menggunakan Nowdoc :
Bolean  
Bolean Tipe data yang hanya memiliki dua nilai yaitu TRUE/FALSE,  atau Benar atau Salah, tipe data bolean biasanya digunakan di operasi logika seperti kondisi if, dan perulangan. Berikut penampakan dari tipe data Bolean:

Array atau larik 
Array atau larik bukanlah tipedata dasar seperti integer atau bolean, aray merupakan  tipe data bentukan yang terdiri dari kumpulan tipedata lainnya menggunakan array akan memudahkan dalam membuat kelompok, serta menghemat penulisan dan penggunaan variabel.  berikut penampakan dari penggunaa tipe array :