Blog programming pemula, membahas dunia it dan teknologi informasi, tips dan trik komputer.

Jumat, 23 November 2018

Perulangan Foreach dalam Pemrograman PHP

php dasar perulangan foreach dalam pemrograman PHP

Apa itu foreach ?

foreach yaitu perulangan yang digunakan untuk mengeksekusi nilai array, baik array berindex maupun array tidak berindex. Perulangan foreach tidak perlu menggunakan variabel counter. Berikut penampakan contoh perulangan array menggunakan for.


Hasil eksekusi potongan program diatas.
perulangan for array
Contoh diatas membuat perulangan for sebanyak 6 kali, dengan variabel counter $r dimulai dari angka 0, karena index array dimulai dari angka 0.

Degan menggunakan perulangan foreach sebagai alternatif untuk menampilkan data array, kode program yang ada diatas saya rubah dengan menggunakan perulangan foreach. Namun sebelum itu, berikut penampakan struktur perulangan foreach pada PHP.



$nama_array adalah nama dari array yang telah didefenisikan sebelumnya.
$value adalah nama variabel perantara, yang berisi data array pada perulangan tersebut.


Setalah memahami struktur diatas, mari kita ubah perulangan for sebelumnya kebentuk perulangan foreach, berikut penampakan contoh penggunaan perulangan foreach dalam pemrograman PHP.



Hasil eksekusi potongan program diatas.
perulangan foreach
Pada penampakan diatas saya mendefenisikan variabel array $bulan, dengan format singkat dan tanpa mendefenisikan key secara tertulis. Variabel $val merupakan variabel perantara dalam contoh kasus diatas. Perulangan tersebut akan diulang sebanyak data yang ada didalam variabel $bulan. Tanpa perlu menghitung seberapa banyak perulangan yang harus dilakukan.

Jika ingin menggunakan nilai key dari varabel array $bulan maka marikita mengubah potongan program diatas, berikut penampakan perulangan foreach menggunakan key .



Hasil eksekusi potongan program diatas.
perulangan foreach menggunakan key

Agar lebih memahami sebaiknya anda berkreasi sendiri, jangan takut salah, karena dibalik salah ada benar ha ah ah ah.