Blog programming pemula, membahas dunia it dan teknologi informasi, tips dan trik komputer.

Senin, 12 November 2018

PERULANGAN FOR DALAM PHP

Perulangan atau dalam bahasa bule Looping adalah intruksi program yang bertejuan untuk mengulang beberapa baris perintah, ada beberapa perulangan dalam pemrograman php, namun kali ini kita akan membahas perulangan for, untuk membuat perulangan for ada tiga(3) kondisi yang perlu dipenuhi, agar perulangan berhenti. Berikut penampakan struktur perulangan for.

for (start; condition; increment)
{
   statement;
}
Start yaitu kondisi awal perulangan, digunakan untuk memberikan nilai awal pada variabel counter, yang digunakan untuk mengontrol perulangan.
Condition yaitu kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dijalankan, selama kondisi itu dipenuhi maka program akan terus melakukan perulangan.
Increment yaitu digunakan untuk memproses variabel counter agar memenuhi kondisi perulangan.
Statement yaitu bagian kode program yang akan diperoses terus menerus selama proses perulangan berlangsung.
Berikut penampakan tidak menggunakan perulangan.




Penampakan diatas belum meggunakan perulangan, bagaimana jika data yang ingin di tampilkan berjumlah ratusan atau bahkan ribuan, maka dari itu digunakan sebuah perulangan untuk mengolah data tersebut. Berikut penampakan penggunaan perulangan for .


Output dari penampakan diatas sama denga  output penampakan sebelumnya. Baris program di penampakan sebelumnya lebih banyak dari baris program penampakan yang kedua. Begini penjelasannya :

Sebagai kondisi awal dari perulangan tersebut dimana $i=1 diberi nilai 1, variabel $i ini lah yang akan menjadi counter atau penghitung dari perulangan for, untuk kondisi akhir diberi nilai $i <=10, jadi selama variabel $i bernilai kurang atau sama dengan 10 maka perulangan akan terus dijalankan. Untuk increment yaitu $i++, dimana intruksi ini sama dengan $i=$i+1. Intruksi ini akan terus berjalan pada setiap perulangan, sehingga setiap proses perulangan variabel $i, akan di tambah dengan 1 angka, pada penampakan diatas statement yang digunakan yaitu ‘saya sedang belajar perulangan for $i ’, dimana i akan berulang sampai kondisinya terpenuhi.

Dalam perulangan dapat dibuat mundur kasus yang sama seperti penampakan diatas, namun ini akan menghitung mundur. Berikut penampakannya.


Penjelasan penampakan diatas dimana nilai awal dari variabel $i=10, membuat perulangan selama kondisi $i >=1, dan pada setiap perulangan $i akan dikurang 1 ($i-). Dengan kondisi tersebut maka variabel counter $i akan dikurangi 1 pada setiap perulangan.

Referensi: